Cara Baterai HP Tidak Drop

Cara Baterai HP Tidak Cepat Drop dan Tidak Cepat Habis

Ternyata terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan baterai HP cepat drop. Biasanya borosnya baterai disebabkan oleh keteledoran saat mencharge.

Kesalahan yang sering kamu lakukan saat mencharge HP malah akan membuat baterai menjadi boros dan lama-lama dapat merusak HP.

Untuk itulah, di bawah ini akan dijelaskan terkait dengan cara-cara yang dapat kamu lakukan agar baterai HP tidak cepat drop.

1. Pastikan HP Tidak Panas Saat Dicas

Cara yang pertama, hindari mencharger saat kondisi HP panas. Biasanya jika HP telah selesai digunakan terlalu lama, maka akan terasa panas. Sehingga tunggulah saat HP kembali dingin dan barulah di charger.

Jika HP kamu dilengkapi dengan case/cover sebagai pelindung HP, maka sebaiknya lepaskan case saat di charger. Karena saat HP dicharger dalam kondisi yang masih tertutup case, kemungkinan besar akan menjadi panas.

Jadi sebisa mungkin kamu harus menjaga temperatur HP dengan menghindari mencharger dalam keadaan panas dan  melepaskan case saat di charger.

2. Daya HP Jangan Sampai Kosong

Daya HP Jangan Sampai Habis

Kesalahan yang sering tidak disadari para pengguna HP ialah membiarkan baterai habis 0% baru di charger. Padahal umumnya baterai harus tersisa 30%-40% sebelum di charger.

Ketika kamu menunggu daya HP kosong baru diisi, maka akan menyebabkan kerusakan yang terjadi pada baterai dan parahnya akan menimbulkan resiko yaitu baterai tidak bisa dicharger lagi.

Jadi jangan tunggu daya baterai kosong, tapi pastikan kamu sudah menchargernya saat daya baterai masih tersisa 30%. Cara ini akan menghindari adanya kerusakan-kerusakan baterai  yang akan terjadi kedepannya.

3. Jangan Dipakai Saat Dicas

HP Jangan Dipakai Saat Dicas

Orang yang kecanduan HP cenderung akan menggunakan HP dimanapun dan dalam keadaan apapun, salah satunya saat HP sedang di charger.

Faktanya, memakai HP dalam keadaan yang masih di charger dan tercolok listrik  ini sangatlah berbahaya karena dapat dengan cepat meningkatkan temperatur dan bahkan akan memberi ruang kerusakan pada baterai HP.

Jadi sebaiknya kamu menahan diri terlebih dulu untuk tidak memainkan HP sambil di charger.

4. Gunakan Charger Original

Banyak orang yang terkesan cuek dalam memilih charger HP. Sebagian orang beranggapan bahwa  charger apapun tidak masalah selama  bisa menambah daya saat digunakan.

Padahal pemilihan charger yang asli sangatlah penting diperhatikan karena akan memiliki pengaruh pada kinerja baterai HP. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP juga akan menyebabkan kebocoran pada  baterai HP.

Jadi jauh lebih baik jika kamu lebih perhatian lagi dalam memilih charger HP  dan usahakan untuk menggunakan charger asli bawaan ponsel. Karena ketika kamu menggunakan charger merk lain, tentu kualitasnya akan berbeda dan menjadikan hasilnya tidak optimal.

5. Ganti Baterai Kalau Rusak

Ganti Baterai HP Kalau Rusak

Pada dasarnya, penyebab baterai yang cepat drop ini adalah peforma baterai yang semakin menurun. Menurunnya kinerja baterai bisa disebabkan karena adanya kesalahan saat mencharger.

Nah, ketika baterai HP terlanjur rusak maka jangan kamu biarkan terlalu lama karena bisa berpengaruh buruk dan bisa meledak. Untuk itulah segera ganti baterai HP kamu yang sudah rusak dan drop.

Selain itu kamu juga dapat melihat refrensi di berbagai chanel youtube terkait bagaimana cara untuk mengatasi baterai yang rusak.

Demikian artikel terkait dengan cara-cara yang dapat kamu lakukan agar baterai HP tidak cepat drop dan peforma baterai tetap terjaga. Sebaiknya mulai sekarang kamu lebih perhatian dalam merawat baterai HP agar tidak rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *