5 Ide Kreasi Kerajinan Kaleng Bekas yang Unik dan Fungsional

Beberapa orang mungkin menganggap kaleng bekas hanyalah sampah yang tidak berguna dan tidak memiliki nilai jual. Namun ternyata, kaleng bekas makanan atau minuman ini bisa diubah menjadi berbagai macam kerajinan kaleng bekas dan dekorasi rumah yang menarik dan fungsional.

Untuk mengubah kaleng-kaleng bekas menjadi kerajinan yang bernilai seni tinggi dan layak untuk dijual, maka diperlukan keterampilan dan kreativitas yang tinggi. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui ide-ide kreatif kerajinan dari bahan kaleng bekas.

Ide Kreasi Kerajinan Kaleng Bekas yang Unik dan Fungsional

1. Pot Bunga

Salah satu ide kreasi kerajinan dari bahan kaleng bekas yang paling populer di kalangan masyarakat adalah pot bunga. Untuk membuat pot bunga dari kaleng bekas, cukup dengan menyiapkan kaleng bekas susu kemudian bersihkan.

Agar tampilannya semakin menarik, lapisi kaleng dengan cat sesuai warna kesukaan atau pernak-pernik seperti pita, tali rami, atau hiasan lainnya agar terlihat semakin bagus dan artistik. Namun, jika ingin desain yang simpel dan minimalis, maka biarkan tampilan kaleng seperti apa adanya.

2. Tempat Alat Tulis

Kaleng bekas makanan ringan atau permen juga bisa dimanfaatkan untuk tempat alat tulis yang unik dan lucu. Agar tampilan semakin bagus dan menarik, maka bisa tambahkan cat warna kesukaan.

Apabila tidak ingin repot-repot mengecatnya, maka bisa juga hias kaleng menggunakan kertas kado atau pita sesuai keinginan dan selera. Dengan adanya kerajinan dari kaleng bekas ini, alat tulis tidak akan berantakan dan berceceran kemana-mana.

3. Tempat Peralatan Makan

Selain untuk tempat alat tulis, kaleng bekas permen atau snack juga bisa dimanfaatkan menjadi tempat peralatan makanan yang cantik. Kerajinan bahan keras satu ini bisa menjadi solusi yang tepat agar peralatan makan seperti sendok dan garpu menjadi lebih rapi.

Agar tampilan tempat alat makan dari kaleng bekas ini makin menarik dan enak dilihat, maka bisa ditambahkan lapisan kain flanel, renda, atau pita. Caranya juga sangat mudah karena hanya perlu dililitkan pada semua permukaan kaleng dan dilem agar tidak mudah lepas.

4. Tatakan/Alas Lilin

Kaleng bekas sarden ternyata juga bisa disulap menjadi kerajinan yang menarik, salah satunya menjadi tatakan atau alas lilin yang artistik. Agar tampilannya makin bagus dan cantik, kaleng bekas bisa diberi cat sesuai warna kesukaan dan dekorasi tambahan seperti pita atau renda.

Tidak hanya untuk hiasan meja saja, menurut situs sipintar tatakan lilin ini juga bisa dikreasikan menjadi hiasan dinding yang estetik. Caranya yaitu siapkan kaleng bekas biskuit atau kaleng berukuran lebih besar dari kaleng sarden yang dipakai untuk alas lilin.

Setelah itu, gantungkan kaleng ukuran besar pada dinding dan letakkan lilin di dalam kaleng besar. Hiasan dari kaleng ini sangat cocok untuk dekorasi kamar tidur sebagai pengganti lampu tidur agar suasana kamar menjadi lebih syahdu.

5. Bunga Kaleng

Daripada hanya dibuang begitu saja, kaleng bekas bisa diubah menjadi kerajinan yang indah. Salah satunya adalah bunga kaleng. Jika pada umumnya kerajinan bunga dibuat dari sedotan plastik atau kertas, maka bunga dari kaleng bekas bisa menjadi kerajinan yang unik dan antimainstream.

Cara membuat kerajinan bunga dari kaleng bekas juga tidak terlalu sulit. Langkah pertama yang harus disiapkan adalah kaleng bekas rokok atau susu kental manis yang sudah dibersihkan. Setelah itu, kaleng bisa dipotong dan dibentuk sesuai desain bunga yang diinginkan.

Untuk mempercantik tampilan bunga dari kaleng bekas ini, jangan lupa beri tambahan warna menggunakan cat atau pilox. Jangan lupa juga untuk membuat daun menggunakan sisa potongan kaleng dan tangkai bunga dari kawat agar terlihat semakin menarik seperti bunga sungguhan.


Beberapa ide kerajinan kaleng bekas di atas bisa menjadi referensi untuk membantu mengurangi sampah. Di tangan para pengrajin yang terampil, kaleng-kaleng bekas ini bahkan berhasil disulap menjadi karya seni bernilai jual tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *