Tips Laptop Tidak Cepat Panas

Solusi Laptop Panas

Kita pasti seringkali mendapati laptop yang cepat panas saat digunakan. Namun terkadang kita sering mengabaikannya dan tidak berniat untuk mengatasinya. Ternyata jika kita terus saja mengabaikan laptop yang cepat panas, maka akan berakibat fatal pada peforma mesin laptop bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang permanen.

Masalah overheating yang terjadi pada laptop merupakan hal yang dianggap wajar bagi kebanyakan orang. Tapi bagi sebagian orang yang ingin laptop miliknya awet dan kinerja mesin tetap terjaga, maka ada beberapa tips laptop tidak cepat panas.

1. Bersihkan Laptop

Hal yang sangat sepele ini sering dilupakan oleh para pengguna laptop. Saat kita malas membersihkan laptop tentu akan menyebabkan terhambatnya sirkulasi udara pada mesin laptop. Inilah yang merupakan salah satu faktor yang menjadikan laptop lemot dan cepat panas.

Alat penyedot debu atau cooling fan merupakan alat yang biasanya ampuh digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada laptop. Dengan kita rutin membersihkan laptop tentunya akan membuat kinerja mesin akan berjalan dengan lancar.

2. Gunakan Laptop di Permukaan Rata

Alasan mengapa kita harus memilih permukaan rata saat menggunakan laptop adalah untuk menghindari adanya penghambat pada sistem pendingin laptop. Karena sudah umum diketahui bahwa bagian bawah laptop difungsikan untuk menyedot udara.

Jadi sebaiknya gunakan laptop di permukaan yang rata atau kalau bisa gunakan meja khusus untuk laptop. Saat memilih meja untuk alas laptop ini usahakan yang bagian bawahnya terbuka untuk dapat memudahkan masuknya udara yang masuk sebagai pendingin.

Meskipun terdengar sederhana, namun ternyata saat menggunakan laptop di permukaan yang tidak tepat pun juga bisa menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

3. Istirahatkan Laptop

Seperti alat elektronik yang lain, tentu saja mesin laptop juga perlu beristirahat. Tapi hal ini pun juga sangat sering disepelekan bagi para pengguna yang memiliki pekerjaan yang harus menggunakan laptop.

Padahal kenyataannya, dengan kita memberi ruang istirahat pada laptop ini akan mampu untuk menghindari terjadinya overheating atau baterai yang cepat panas. Umumnya waktu beristirahat yang diperlukan laptop ini sekitar 1-2 jam dalam mode off.

4. Gunakan Laptop di Tempat yang Sejuk

Tips Laptop Tidak Cepat Panas selanjutnya adalah sebisa mungkin untuk mengunakan laptop di tempat yang sejuk. Untuk menghindari laptop yang cepat panas maka jauhkan dari suhu tinggi seperti sinar matahari.

Hal ini sebabkan karena komponen yang ada pada laptop sangat mudah untuk menghantarkan panah sehingga sangat mudah mengalami masalah overheating, apalagi saat digunakan di tempat yang panas.

Meskipun laptop kita tidak mengeluarkan tanda-tanda overheating maka alangkah baiknya kita tetap menggunakan laptop di tempat yang sejuk.

5. Gunakan Pendingin Pihak Ketiga

Ketika laptop terlanjur sering mengalami masalah overheating, maka jangan khawatir. Sebab kita dapat menggunakan pendingin pihak ketiga yang mampu dijadikan solusi laptop yang panas.

Selain itu, pada laptop juga telah terdapat pendingin asli yang berada dibagian bawah laptop yang berbentuk seperti kipas kecil, dan ada pula pendingin lain yang berada di bagian samping.

Dengan menggunakan pendingin asli dan pendingin pihak ketiga ini akan mampu mendinginkan laptop yang sudah panas setelah dipakai dalam waktu yang lama.

Demikian artikel terkait dengan Tips Laptop Tidak Cepat Panas yang dapat anda terapkan untuk selalu menjaga peforma  laptop agar tetap memiliki kinerja yang baik dan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *